Selasa, 28 Desember 2010

Empat Cara Mudah Menjaga Kenyamanan Suspensi Mobil

Empat Cara Mudah Menjaga Kenyamanan Suspensi Mobil

TEMPO Interaktif, Jakarta - Satu di antara beberapa bagian mobil yang kerap menjadi ukuran kenyamanan dan keamanan mobil adalah sistem suspensi. Maklum, bagian ini tidak saja menjadi titik tumpu antara roda dengan bobot mobil, tetapi juga bertugas meredam guncangan, getaran, bahkan meredam tingkat kebisingan di ruang kabin kendaraan.

“Selain itu, sistem suspensi juga berkaitan dengan keamanan mobil saat dikendarai. Shockbreaker yang lemah mengakibatkan bodi kendaraan limbung saat melaju. Kestabilan berkurang,” papar Rusdianto, pemilik bengkel Persada Sakti, Meruya Selatan, Jakarta Barat, Senin (27/12).

Suspensi sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu pegas atau per, shock absorber, bushing arm, tierod dan ball joint. Setiap bagian memiliki fungsi tersendiri namun saling berkiatan satu dengan yang lain.

Sehingga, bila satu diantara bagian tersebut rusak atau tidak berfungsi dan tidak segera diperbaiki maka akan mempengaruhi kinerja bagian lain. Walhasil, kerusakan pun merembet kemana-mana. Jika hal itu terjadi, bukan hanya performa mobil yang terganggu tetapi juga membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Lantas apa fungsi masing-masing komponen? Bagaimana cara mengenali kondisi yang telah rusak? Bagaimana cara untuk merawat atau memperbaiki? Rusdianto berbagi tips untuk Anda:

1. Shockbreaker
Peranti ini bertugas untuk meredam guncangan di saat mobil melaju dan melibas berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker yang terbuat dari baja itu bertugas membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil berikut muatan yang diangkutnya.

Komponen ini terbuat dari baja sehingga memiliki daya tahan dan kekuatan lebih. Namun shockbreaker akan aus seriring dengan waktu atau masa pemakaian serta penggunaan yang tidak tepat.

Bila sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker akan berkurang dan lemah. Bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai terutama saat melaju kencang.

Cara yang paling gampang untuk mengatasi hal ini adalah membeli shockbreaker satu set. Upayakan menghindari lintasan berlubang dengan diameter dan kedalaman yang bersar. Bila Anda terpaksa harus melewatinya, usahakan laju mobil sangat lambat.

Kebiasaan lain yang harus dihindari adalah, membawa muatan dengan berat yang berlebihan sesuai kapasitas mobil. Selain itu usahakan rajin membersihkan kotoran yang menempel di kisi-kisi karena akan mempercepat keausan piston shockreaker.

2. Bushing arm
Komponen ini berupa karet suspensi yang terletak di titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya. Bushing bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam tersebut.

Bila mobil kerap melibas jalanan berlubang atau jalanan rusak, beban yang ditopang peranti ini juga makin berat. Bila hal itu terjadi secara terus menerus dan dalam waktu lama, maka bushing akan cepat aus.

Kerusakkan pada bushing tidak hanya menyebabkan suara berisik tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengendalian mobil.

Cara untuk mencegah kerusakkan peranti itu adalah, hindari jalanan berlubang atau melibasnya dengan kecepatan tinggi. Upayakan agar tidak membawa beban terlalu berat.

3. Tierod dan Balljoint
Tierod, end tierod dan balljoint dibuat dari bahan logam memiliki fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Sedangkan balljoint berguna untuk menopang knuckle arm.

Bila peranti itu telah aus atau rusak akibat sebab-sebab lain, maka kenyamanan berkendara juga akan terganggu. Mobil sulit dikendalikan, bahkan bila dikendarai dalam kecepatan tinggi akan membahayakan karena kestabilan juga terganggu.

Lantaran itulah, pastikan komponen tersebut masih dalam kondisi bagus. Anda bisa melakukan pengecekan kondisi komponen ini di rumah. Caranya, dongkrak roda bagian depan dan mintalah bantuan orang lain untuk menahan kemudi agar roda tidak bergerak, lalu goyang-goyang roda kea arah dalam dan keluar secara bergantian beberapa kali.

Bila terasa oblak atau seperti ada guncangan tidak stabil berarti komponen tersebut bermasalah.

Cara lainnya, dengan mengamati bentuk atau ciri fisik komponen itu. Ketiganya dibuat dari logam sehingga bila Anda menemukan bagian komponen itu tidak halus atau ada bekas gesekan antar bahan dari logam berarti telah rusak.

Pencegahan agar komponen ini tidak cepat rusak adalah menghindari jalanan berlubang saat mobil melaju di kecepatan tinggi, hindari mengangkut beban berlebihan, serta membersihkan dari kotoran. Upayakan setiap kali mencuci mobil menyemprot bagian yang berkaitan dengan peranti tersebut dengan tekanan air tinggi.

4. Lakukan spooring balancing
Selain melakukan pencegahan dan perawatan komponen suspensi, satu hal yang juga harus Anda lakukan adalah melakukan spoooring balancing roda mobil.

Fungsi spooring dan balancing adalah menjaga kestabilan roda mobil. Bila roda stabil dan seimbang di keempat bagian maka beban yang harus disangga oleh komponen suspensi juga seimbang dan sesuai dengan porsinya. Bila hal itu terjadi, maka kemungkinan komponen bermasalah juga kecil.

Selain itu, dengan melakukan spooring dan balancing kenyamanan Anda berkendara juga terjaga.

Awas, Kulit Jok Mobil Tiruan

Awas, Kulit Jok Mobil Tiruan

Jakarta - Di dunia otomotif, tidak hanya suku cadang mesin yang bisa dibuat tiruannya. Apa pun bisa. Bahkan kulit yang melapisi jok dan trim interior mobil Anda pun ternyata bisa dipalsukan.

Sekarang banyak sekali produk kulit sintetis yang diklaim sebagai produk otomotif berkualitas di pasaran. Berbagai merek baru bermunculan seiring dengan kegairahan pasar serta maraknya trend modifikasi interior otomotif, namun itu tidak hanya menimbulkan sisi positif tapi efek negatif juga terasa.

Salah satu produsen synthetic leather mobil, MBtech merasakan benar hal
tersebut. Banyak produk mereka yang dipalsukan di pasaran.

"Akhir-akhir ini ada beberapa konsumen yang mengeluhkan bahan yang cepat rusak. Baru digunakan kurang dari satu tahun, interior kendaraannya sudah kering dan pecah-pecah," keluh MBTech dalam rilis yang diterima detikOto, Selasa (28/12/2010).

Pemalsuan synthetic leather itu menurut MBTech telah dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang kemudian dibantu oleh bengkel bekleding, atau biasa disebut seatmaker yang menjual jasa penggantian jok atau interior kendaraan.

"Keuntungan yang sedikit lebih tinggi menjadi alasan seatmaker nakal melakukan perbuatan penipuan seperti ini," ungkapnya.

Karena itulah salah satu pelopor synthetic leather di Indonesia ini meminta
masyarakat lebih jeli memilih bengkel untuk menangani penggantian jok maupun trim interior kendaraannya.

"Sehingga konsumen tidak akan salah memilih seatmaker untuk mengerjakan interior kendaraannya," pungkasnya.

Senin, 27 Desember 2010

Yuk, EcoDriving Agar Hemat BBM

Yuk, EcoDriving Agar Hemat BBM

Jakarta - Harga BBM makin mahal, belum lagi nanti mobil pribadi dilarang 'meminum' Premium, maka tak ada salahnya jika kita mengendarai mobil dengan cara elegan agar mobil irit BBM. Ada triknya. Seperti apa?

Seperti dikutip situs resmi EcoDriving USA, (situs yang diluncurkan oleh Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Gaikindo-nya AS), ada beberapa praktik EcoDriving yang bisa diterapkan pengendara mobil.

1. Tentunya harus dimulai dari diri Anda sendiri. Yakini diri Anda bisa mengurangi penggunaan BBM dan mengurangi emisi. Mulai lah menginjak pedal gas dengan lembut seperti menginjak bulu. Dengan menerapkan cara ini, penggunaan BBM bisa dikurangi hingga 15 persen.

2. Hindari melakukan akselerasi dan berhentik mendadak. Akselerasi dan pengereman yang pelan bisa menghemat penggunaan bensin hingga 33 persen, dan tentunya menghemat uang.

3. Usahakan tetap melaju ketika macet. Pelan tetapi melaju lebih baik ketimbang stop and go ketika mobil mengalami kemacetan. Untuk menggerakkan kendaraan dari posisi berhenti dibutuhkan lebih banyak energi. Faktanya BBM lebih boros 20 persen untuk melajukan mobil dari posisi berhenti. Jadi upayakan mobil terus melaju meski hanya di bawah 10 km per jam.

4. Menggunakan AC pada kecepatan tinggi. Tak dipungkiri menggunakan AC akan membuat bensin boros. AC bisa menghabiskan bensin di tanki hingga sekitar 4 liter untuk mendinginkan mobil saja. Yang patut dicatat, jangan membuka jendela mobil. Berkendara dengan jendela mobil terbuka akan mempengaruhi aerodinamisasi mobil yang akhirnya membuat mobil boros.

Apa yang harus dilakukan? Ketika berkendara di kecepatan rendah, membuka jendela mobil sah-sah saja. Dalam kecepatan tinggi di atas 80 km per jam, jendela mobil yang terbuka akan membuat mobil lebih boros ketimbang AC. Jadi tutup kaca mobil Anda dan nyalakan AC. Jangan lupa memakai sistem sirkulasi udara dalam kabin atau recycle inside air. Ini lebih baik ketimbang menggunakan udara panas dari luar mobil yang akhirnya memberatkan kinerja AC dalam mendinginkan udara.

5. Mempertahankan kecepatan optimum di jalan tol. Mengendarai mobil di jalan tol dengan kecepatan di atas 100 km per jam akan membuat boros BBM. Tetapi mempertahankan kecepatan di 100 km per jam dapat memperbaiki konsumsi BBM hingga 7-23 persen.

6. Memakai Cruise Control. Fitur baru di mobil modern yang mempertahankan kecepatan dengan konstan. Cruise control bisa meningkatkan efisiensi kendaraan hingga 7 persen.

7. Rencanakan perjalanan. Rencanakan perjalanan Anda melalui sistem navigasi untuk mencari rute terpendek.

8. Hindari idling. Sebuah mobil bisa menghabiskan 1,5 liter bensin untuk setiap jam mobil dalam keadaan idle. Jika Anda tidak sedang menurunkan penumpang di mal atau di gedung, sebaiknya mesin mobil dimatikan saja. Dengan teknologi mobil terkini, mematikan dan menyalakan mesin mobil makin mudah. Jadikan sebuah kebiasaan untuk mematikan mobil ketika terjadi antrean panjang.

9. Mempertahankan suhu mobil. Ketika suhu di dalam kabin mobil panas, AC akan bekerja lebih keras dan itu artinya bensin lebih banyak terbuang. Dengan memarkirkan mobil di tempat teduh akan mengurangi penggunaan AC ketika mobil dipakai.

10. Tak perlu lama-lama memanaskan mobil. Mobil-mobil keluaran kini sudah tak perlu lagi untuk dipanaskan sebelum dikendarai. Meski pun mesin dalam keadaan dingin pada pagi hari, menyalakan mesin 30 detik sebelum mobil melaju sudah cukup untuk memanaskan kendaraan Anda.

Minggu, 26 Desember 2010

Honda PHEV Menggunakan Sistem Dua Motor

Honda PHEV Menggunakan Sistem Dua Motor

KUMAMOTO, KOMPAS.com - Honda Motor Corporation hari ini mengumumkan melaksanakan kerjasama dengan Perfektur Kumamoto untuk menguji coba mobil listrik, hibrida plug-in atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), skuter dan cart listrik. Pada 20 Desember, lalu Honda juga melakukan hal yang sama dengan Perfektur Saitama.

Pada prgoram tes ini Honda menggunakan empat kendaraan. Pertama Fit listrik, sedan Inspire hibrida plug-in (PHEV), skuter dan cart (motor roda empat). Pada saat yang sama juga diuji-coba sistem pengisian yang memperoleh energi dari matahari (berada di lingkungan pabrik Honda).

Siklus Atkinson
Khusus untuk mobil hibrida, Honda coba mengikuti sebagian teknologi yang digunakan Toyota pada Prius. Untuk itu, sedan Inspire dipasang mesin empat silinder, 2.0 liter dengna teknologi khas Honda i-VTEC dengan siklus Atkison.

Selanjutnya, Honda menggunakan dua motor listrik (satu motor dan satu lagi generator) dan baterai lithium-ion. Motor listrik utama menghasilkan tenaga maksimum 120 kW, bertugas menggerakkan mobil sekaligus mengubah mengubah energi kinektik saat mobil direm menjadi listrik. Satu lagi adalah generator yang menghasilkan listrik sampai 100 kW.

Hubungan antara mesin dengan motor listrik plus generator berbeda dengan yang diterapkan oleh Toyota. Pada Honda, motor listrik dan mesin konvensional bisa bekerja secara independen.

Hibrida Plug-In
Seperti dijelaskan oleh ahli Honda, hibrida plug-in Honda bisa dijalankan dengan mobil tenaga listrik saja (mobil listrik), hibrida (mesin konvensional dan motor listrik) dan mesin bensin saja. Juga memungkinkan menjalankan mobil dengan mesin bensin sedangkan generator menghasilkan listrik untuk disimpan di baterai.

Sayang tidak dijelaskan detil konsep hibrida plug-in ini. Honda hanya mengatakan, motor dan generator berada di samping mesin. Selanjutnya motor dan generator bisa dibebaskan (putus) melalui kopling. Sedangkan pada hibrida Toyota, mesin, motor dan generator dihubungkan oleh roda gigi planet dan tidak dapat diputuskan. Artinya, saat mesin bensin menjalankan mobil masih berhubungan dengan motor listrik.

Baterai
Kapasitas baterai yang digunakan 6kWH dipasang di bagasi. PHEV hanya dapat digunakan untuk menempuh jarak 25 km (listrik). Dengan menggunakan listrik bertegangan 100 volt, pengisian butuh waktu empat jam, sedangkan tegangan 200 volt hanya 1,5 jam.

Sel baterai dibuat oleh Blue Energy Co Ltd, bekerja sama dengan Honda dan GS Yuasa Corp. Sel dibuat menggunakan materi berbeda dari yang digunakan untuk baterai Civic hibrida yang akan diluncurkan tahun depan.

Spesifikasi Mobil Listrik dan Hibrida Plug-In Honda

Mobil Listrik (EV) Hibrida Plug-In (PHEV)
Mesin

-
2,0 liter, 4-sil, segaris,
siklus Atkinson, i-VTEC
Transmisi - E-CVT
Motor
Koaksial

Sistem dua motor (penggerak,
generator & regenerator
Tenaga motor maks.
92 kW
120 kW
Tipe Baterai
Lithium-ion (Toshiba)
6 kWh, lithium-ion, Blue Energy
Jarak tempuh (listrik)
Di atas 160 km
25 km
Kecepatan maks. (listrik)
144 km/jam
100 km/jam
Lama pengisian
100V: di bawah 12 jam
200 V: di bawah 6 jam
Cepat 30 menit (80 %)
100 V: di bawah 4 jam
200 V: di bawah 1,5 jam

Spesifikasi EV-neo dan Monpal ML200

EV-Neo Monpal ML200
Motor Motor DC tanpa borstel (brushless)
Tenaga maks 2,8 kW
Tipe baterai Lithium-ion, Toshiba Timah hitam (Panasonic)
Jarak tempuh Di atas 34 km (30 km/jam, jalan rata) 25 km (6 km/jam, jalan datar)
Lama pengisian 100 V, normal: 3,5 jam
200 V, cepat: 0,5 jam 100 V: 9 jam

Selasa, 21 Desember 2010

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mobil Bermesin Diesel

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mobil Bermesin Diesel

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mobil bermesin diesel kerap dinilai kurang bertenaga. Akselerasinya pun dianggap tak segesit mobil bermesin bensin. Tak hanya itu. Para mekanik pun kerap mengaku kesulitan untuk melakukan tuning mesin deisel untuk mendapatkan performa mesin yang benar-benar tokcer. Tapi itu dulu. Pasalnya, saat ini pabrikan produsen bermesin disel juga melakukan sejumlah terobosan dengan menggunakan turbocharger atau supercharger dengan teknologi yang terus disempurnakan.

Hanya, karena teknologinya yang khas maka perawatan khusus juga harus dilakukan terhadap mesin disel. “Kuncinya harus rajin perawatan pompa injeksi, injektor, serta filter udara yang harus dibersihkan atau diganti,” papar Khairul Azhar, Mekanik Berkah Motor, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (22/12).

Menurut Khairul, pentingnya tiga komponen itu karena mesin diesel memiliki karakter khas yaitu pembakaran dalam. “Proses pembakaran terjadi setelah bahan bakar yang dinyalakan oleh gas yang bersuhu suhu tinggi dikompresi oleh piston yang merapat, bukan oleh alat lain atau busi pada mesin bensin,” ujar dia.

Bahan bakar disuntikkan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nosel supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran tersebut menyala dan membakar dengan cepat dan menghasilkan tenaga.

Itulah sistem kerja mesin disel yang mengandalkan semburan bahan bakar dan udara. Lantaran itulah untuk menjaga maupun meningkatkan tenaga mesin disel ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

1. Kalibrasi pompa injektor

Pompa injektor memiliki peran vital dalam proses penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar. Semakin sempurna semburan yang dihasilkan maka semakin sempurna pula proses pembkaran dan sebaliknya.

Namun, seiring dengan waktu dan penggunaan yang terus menerus maka performa peranti ini mengalami penurunan. Oleh karena itu lakukan kalibrasi atau penyetelan ulang.

Cara itu bertujuan untuk mengatur kembali semprotan bahan bakar agar lebih maksimal. Selain itu, kalibrasi juga mengatur pasokan bahan bakar ke ruang kompresi melalui nosel.


2. Atur ulang kerapatan waktu injeksi
Selain menyetel ulang pompa injeksi, perlu juga dilakukan penmabahan sinyal secara elektronik di pompa bahan bakar. Hal itu dimaksudkan agar pasokan bahan bakar ke ruang injeksi juga optimal seiring dengan telah dikalibarsinya peranti tersebut.

Caranya, dengan memajukan waktu (timing) injeksi. Langkah ini juga berguna untuk mengurangi terjadinya angin palsu. Setelah itu atur klep supaya lebih rapat.


3. Setel turbo, turbin, dan intercooler.

Bila mobil telah menggunakan teknologi commonrail dan dilengkapi peranti turbocharger/supercharger dan intercooler, maka wajib dilakukan penyetelan perangkat tersebut.

Turbocharger atau supercharger disetel ulang untuk memperbanyak volume udara yang masuk ruang bakar. Caranya meningkatkan kinerja turbin, karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger.

Begitu pun dengan intercooler untuk mendinginkan udara yang akan masuk ruang bakar. Tujuannya agar udara dingin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak. Bila hal itu terjadi, maka proses pembkaran juga akan berlangsung dengan sempurna.


4. Bersihkan atau ganti filter

Seperti diketahui, proses pembakaran di ruang bakar mesin sangat membutuhkan pasokan udara. Semakin banyak oksigen, maka semakin sempurna pula proses pembakaran, dan sebaliknya.

Lantaran itulah, peranan filter udara sangat memengang peranan penting. Usahakan menggunakan filter udara yang minim hambatan. Anda bisa menggunakan filter udara model open air.

Hal itu dimaksudkan agar pasokan udara juga bisa mengimbangi semburan bahan bakar yang semakin cepat seiring dengan telah dikalibrasinya pompa bahan bakar serta dipercepatnya waktu penyemprotan bahan bakar. Jangan lupa rajin membersihkan peranti itu secara teratur.


5. Tambahi peranti maximize/piggybcak

Bila Anda masih merasa kurang yakin dengan car-cara itu, bisa juga menggunakan maximize atau piggyback. Peranti itu kini sudah banyak dijual di pasaran. Harganya pun bervariasi.

Hanya, konsultasikan ke ahlinya bila ingin menggunakan peranti tersebut. Cermati keuntungan dan kerugian menggunakan peranti itu, berikut cara pemasangan yang benar dan aman.

4 Model Honda Raih 2011 Best Resale Value Awards

4 Model Honda Raih 2011 Best Resale Value Awards

TEMPO Interaktif, Jakarta - Empat model andalan Honda -- Honda CR-V, Honda Jazz, Honda Accord, dan Honda Accord Coupe -- berhasil meraih "2011 Best Resale Value Awards" dari situs Kelley Blue Book (www.kkb.com) di Amerika Serikat.

Penghargaan tahunan yang diadakan oleh situs Kelley Blue Book ini bertujuan memberikan penghargaan kepada produsen mobil yang mampu mempertahankan harga jual kembali mobil tersebut dalam kurun waktu lima tahun setelah masa pembelian.

Penghargaan pertma didapatkan Honda CR-V. SUV Honda itu berhasil masuk ke dalam sepuluh besar daftar Best Resale Value Cars dari semua kategori yang ada sekaligus meraih kategori Compact Utility Vehicle. Honda CR-V dinilai memiliki kombinasi antara nilai, efisiensi, serta kegunaan yang lebih di mata para konsumennya.

Di segmen Subcompact Car, Honda Fit -- yang di Indonesia dikenal dengan nama Honda Jazz -- berhasil meraih Best Resale Value Award untuk kategori tersebut. Honda Fit berhasil mempertahankan predikatnya sebagai mobil yang irit bahan bakar (fuel economic), serta fun to drive berkat fitur-fitur unggulannya.

Untuk kategori Mid-Size Car, Honda Accord Sedan berhasil meraih Best Resale Value Award sekaligus sebagai pendatang baru yang masuk ke dalam daftar Best Resale Value. Honda Accord yang sudah ada lebih dari tiga dekade ini menyandang predikat sebagai mobil yang solid, ultra-reliable, ergonomik, serta fun to drive. Sedangkan Honda Accord Coupe berhasil terpilih sebagai Best Resale Value Brand dalam ajang pemilihan tersebut.

Selain itu, tiga dari empat model Honda tersebut meraih Best Brand Value Award, yaitu Honda CR-V, Accord, dan Fit.

Mari Membersihkan Velg Mobil

Mari Membersihkan Velg Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com — Velg mobil berdesain jari-jari cukup indah dilihat dan cenderung tidak membosankan. Namun, sangat sulit saat membersihkannya lantaran mempunyai celah yang sulit dijangkau dengan jari tangan. Enggak usah pusing, ikuti langkah-langkah melenyapkan kotoran velg itu di bawah ini.

1. Jangan mencuci velg saat mobil baru digunakan. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung disiram air. Sebaiknya tunggu sampai dingin.

2. Pastikan ruang dalam fender bersih (dibersihkan dulu) agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg.

3. Setelah itu, baru giliran velg. Setelah disiram, gunakan sampo atau cairan khusus. Untuk yang berwana krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari risiko lapisan mengelupas.

4. Untuk sudut yang sulit dijangkau, gunakan kuas atau sikat gigi. Jika masih terdapat noda membandel, maka sebaiknya bahasi dulu velg dan diamkan beberapa saat, baru kemudian dibersihkan.

5. Jika terdapat "emas hitam" (aspal), maka noda ini biasanya tidak mempan jika dihilangkan hanya dengan sampo. Untuk itu, bisa pakai bensin atau minyak tanah. Selanjutnya, bersihkan velg dengan bantuan kompon agar bensin tidak meninggalkan noda.

6. Yakin sudah bersih? Keringkan velg dengan lap chamois.

Khusus untuk velg krom, jika ingin benda ini kinclong, maka ditaburilah bedak, kemudian digosok dengan lap bersih. Anda juga bisa menggunakan wax khusus warna krom.

Honda CR-V SUV Terlaris di Cina dan Indonesia

Honda CR-V SUV Terlaris di Cina dan Indonesia

TEMPO Interaktif, Jakarta - Honda CR-V menjadi SUV (Sport Utility Vehicle) terlaris di Cina dan Indonesia. Data statistik versi CNTV (Chinese National Television) menyebutkan periode bulan Januari hingga akhir November 2010 Honda CR-V menjadi market leader dengan angka penjualan 102.013 unit.

Segmen SUV di Cina selama 10 bulan pertama tahun ini tercatat sebanyak 730.000 unit. Angka ini hampir dua kali lipat lebih banyak daripada tahun 2009 yang tercatat 365.000 unit saja.

Honda CR-V facelift sendiri baru dilaunching di Cina pada 7 Maret 2010 silam dan dijual dalam dua tipe yaitu 2.0 L dan 2.4 L. "Kami akan lebih gencar dalam menjual SUV andalan Honda tersebut di China untuk mengejar total angka penjualan 1,5 juta unit di tahun 2011," kata Wakil Manajer Divisi Penjualan Dongfeng Honda, Liu Hong.

Dongfeng Honda selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Honda di China telah mentargetkan kapasitas produksi sebanyak 120.000 unit pada tahun 2013 mendatang. Hingga tahun 2010 ini kapasitas produksi Dongfeng Honda adalah 100.000 unit per tahun nya. Dongfeng Honda sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2003 dengan kapasitas produksi per tahunnya 60.000 unit.

Raihan yang sama juga dicatatkan CR-V di Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan PT Honda Prospect Motor, selaku pemegang merek Honda di Indonesia, berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 15.555 unit. Angka ini sama dengan 16,1 persen dari total passr SUV yang tercatat sebanyak 42.974 unit.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor menyebut, ada beberapa hal yang membuat mobil ini disukai konsumen. "Desain bodi yang gagah, posisi mengemudi yang tinggi, ketangguhan di segala medan, kenyamanan berkendara seperti MPV dan sedan adalah satu di antaranya," tandas dia.

Berikut data penjualan segmen SUV periode Januar-November 2010:

1. Honda CR-V (15.555 unit)
2. Toyota Fortuner (9.333 unit)
3. Mitsubishi Pejero Sport (8.491 unit)
4. Nissan X-Trail (4.459 unit)
5. Chevrolet Captiva (2.085 unit)
6. Suzuki Grand Vitara (1.273 unit)
7. Ford Everest (615 unit)
8. Ford Escape (407 unit)
Sumber: Gaikindo

Honda Luncurkan Mobil Listrik Perdana di China

Honda Luncurkan Mobil Listrik Perdana di China

WAKO, KOMPAS.com - Honda Motor Company (HMC) akan meluncurkan mobil listrik perdana di China pada 2012. Saat ini perusahaan tengah mempelajari kemungkinan untuk memasarkan kendaraan berenergi listrik murni itu dengan harapan bisa mendongkrak penjualan di negara dengan pasar otomotif terbesar di dunia itu.

Untuk memuluskan langkah tersebut, Honda kini tengah mempersiapkan program pengujian di beberapa negara termasuk Jepang, Amerika Serikat, dan China. Dua model yang lagi dikembangkan, yakni hatchback Jazz (Fit) dan sedan menengah Accord hibrida plug in yang tengah diujicoba di Saitama, Jepang.

Takanobu Ito, Presiden Honda seperti dilansir Dow Jones, hari ini (21/12/2010) mengatakan, peluncuran mobil listrik perdana di China bergantung pada kebijakan pemerintah mendorong penggunaan kendaraan ramah energi, efisien bahan bakar serta melihat strategi apa yang diinginkan mitra lokal. "Kesempatan sangat baik di China," ujar Takanobu Ito.

Tapi, potensi pasar yang besar dan dukungan insentif di China terhalang dengan kebijakkan China yang mewajibkan seluruh produsen otomotif asing melakukan transfer teknologi mobil listrik pada mitra lokal. Targetnya, industri otomotif China bisa mandiri dan menerapkan teknologi baru ini pada 10 tahun mendatang. Nah, kebijakkan ini tentu dipandang bertolak belakang dan merugikan prinsipal asing.

Gandeng Toshiba
Di sisi lain, HMC juga mengumumkan kerja samanya dengan salah satu produsen elektornik terbesar di Jepang Toshiba Corporation untuk pasokan baterai lithium-ion pada mobil listrik. Kemitraan ini merupakan lanjutan setelah sebelumnya Toshiba sudah menjadi pemasok tunggal baterai lithium-ion untuk skuter listrik Honda.

Tomohiko Kawanabe, Kepala Pusat Litbang HMC, seperti dilansir bloomberg (20/12/2010) mengatakan, sebelumnya perusahaan sudah menjalin kerjasama dengan GS Yuasa Corporation yang memasok kebutuhan baterai untuk mobil hibrida. Tapi, pasokan baterai dari Toshiba sepertinya lebih kompatibel dengan semua varian mobil listrik yang disiapkan Honda.

Saat ini, Honda tengah menyiapkan kendaraan listrik dan hibrida plug-in agar bisa memenuhi peraturan pemerintah (Jepang) terkait emisi gas buang yang tinggi. Selain dua perusahaan di atas, Honda juga sudah menjalin kerjasama dengan produsen baterai lainnya yakni, Panasonic Corporation dan Sanyo Electric Company.

Honda mengklaim mobil listrik yang tengah dipersiapkan dibekali kemampuan menjelajah hingga 160 km per jam setiap kali tenaga baterai terisi penuh.

Kamis, 16 Desember 2010

Honda Indonesia Pastikan Tidak Ada Penarikan Honda Jazz

Honda Indonesia Pastikan Tidak Ada Penarikan Honda Jazz

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (PT HPM) memastikan tidak ada penarikan Honda Jazz di Indonesia terkait kabel lampu utama mobil itu yang bermasalah. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia itu menegaskan, sistem pemasangan kabel maupun jenis kabel yang digunakan Honda Jazz berbeda dengan Jazz di negara lain.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap Jazz yang masuk dalam daftar penarikan itu. Hasilnya tidak bermasalah, karena panjang kabel, jenis kabel, maupun instalasinya berbeda,” tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM, saat dihubungi Tempo, Kamis (16/12).

Ia menyebut, potensi kebakaran rawan terjadi karena kabel lampu utama yang tertarik ketika switcher lampu diaktifikan. Hal itu bisa terjadi, karena ukuran kabel yang pendek.

“Dan itu berbeda dengan Jazz yang ada di Indonesia. Kami beberapa hari lalu sudah memeriksa dan hasilnya aman-aman saja, Kami pun sudah melaporkan hasil itu ke prinsipal,” tandas dia.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (16/12), Honda Motors Corp, akan menarik 1,35 juta hatchback Honda Fit atau biasa disebut Honda Jazz.

Honda menyebut, Jazz yang akan ditarik itu merupakan mobil yang diproduksi November 2007 – Oktober 2008 dan berada di berbagai negara. Alasan penarikan karena Honda berniat memperbaiki kabel lampu utama mobil tersebut yang ditengarai bermasalah.

Produsem mobil asal Negeri Sakura itu mengaku, dari jumlah total mobil yang ditarik, 735 ribu unit berada di Jepang. Di Amerika Serikat 143 ribu unit, di Eropa 385 ribu unit, dan sisanya tersebar di Timur Tengah, Afrika, serta Asia.

Juru bicara Honda mengatakan, biaya penarikan di Jepang diperkirakan mencapai 3,6 juta yen atau sekitar Rp 392,4 juta. “Biaya tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap pendapatan Honda,” tutur dia.

Selasa, 14 Desember 2010

Jazz Masih Menjadi Produk Honda Terlaris

Jazz Masih Menjadi Produk Honda Terlaris

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan hingga November penjualan mobil Honda di Indonesia telah mencapai 56.178 unit atau menggenggam pangsa pasar 8,1 persen. Varian yang membukukan penjualan terbesar adalah hatchback Honda Jazz.

"Sepanjang Januari-November Honda Jazz telah terjual 20.581 unit atau 42 persen dari total penjualan hatchback di tanah air," sebut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM, dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (14/12).

Sekadar catatan, sepanjang Juli Honda Jazz terjual 1.920 unit, Agustus 2.124 unit, dan September 1.070 unit. Total penjualan hatchback tersebut sepanjang tiga kuartal pertama 2010 mencapai 16.599 unit.

Honda Jazz kembali menjadi penyumbang penjualan Honda terbesar sepanjang Oktober lalu dengan angka penjualan 1.886 unit. Tercatat total penjualan Jazz sepanjang Januari-Oktober mencapai 18.485 unit atau 42 persen dari total penjualan hatchback di tanah air.

Varian lain yang juga mencatatkan penjualan cukup besar adalah Sport Utility Vehicle (SUV) Honda CR-V. Sepanjang sebelas bulan pertama 2010, SUV ini terjual 15.555 unit. Angka tersebut, kata Jonfis, setara dengan 36 persen dari total penjualan SUV medium di tanah air.

Varian lainnya, yaitu Multi Purpose Vehicle (MPV) All New Honda Odyssey tercatat terjual 430 unit sepanjang kurun waktu sebelas bulan tersebut. Jonfis mengakui pihaknya hanya mematok penjualan MPV itu terjual 250 unit sepanjang tahun ini.

Di segmen sedan, Honda Accord membukukan penjualan 1.714 unit. Adapun Honda Civic dan Honda City, masing-masing 2.273 unit dan 3.458 unit.

Senin, 13 Desember 2010

14 Tanda Audio Mobil Bermasalah

14 Tanda Audio Mobil Bermasalah

JAKARTA, KOMPAS.com — Sistem audio mobil yang di dalamnya terdapat komponen elektronika dan instalasi pasti mengalami proses penurunan kualitas. Bahkan, bukan tidak mungkin terjadi kerusakan pada bagian itu akibat cara pakai yang kurang tepat sampai kelemahan pada produknya sendiri.

Ada 14 tanda yang bisa dikatakan masalah pada sistem audio, seperti disampaikan Andreas Tjahjadi (instalatur Audio Plus di Jakarta Barat), Erwin (instalatur Radius Mobile Works), dan Hongyono Chandra (instalatur audio Prisma di Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan).

1. Tegangan aki drop karena kapasitas air aki berkurang. Masalah itu bisa juga terjadi karena terminal pengisian (ground) longgar atau pengisiannya kurang. Akibatnya, suplai listrik terganggu.

2. Terminal/kepala aki berkerak menyebabkan kurangnya tegangan dan bisa bikin sistem terganggu. Selain itu, sekring utama (main fuse) meleleh karena pengaruh panas kompartemen mesin akibat bagian pelindung yang juga meleleh.

3. Kerusakan pada pemutar CD. Hal ini ditandai dengan proses membaca CD yang agak lama, bahkan cenderung diam (atau skip) sebelum masuk ke track lagu. Masalah tersebut dipicu pemakaian CD yang ketebalannya tidak sesuai standar.

4. Tombol volume. Head unit kadang berfungsi, kadang tidak. Jika demikian, maka hal itu ditengarai oleh adanya kabel fleksibel yang putus di dalam.

5. Kabel ground RCA putus di bagian dalam head unit. Ini membuat gejala storing (noise) muncul dari speaker.

6. Bunyi sember (kresek-kresek) di speaker. Ada kotoran masuk di antara voice coil dan magnet.

7. Suara pincang. Suara lebih berat ke salah satu sisi karena salah satu speaker midrange atau tweeter mati. Penyebabnya, solderan pada konektor speaker terlepas.

8. Speaker berasap. Ada hubungan pendek arus listrik antara kabel speaker (karena sambungan berkarat) ke ground sehingga voice coil panas. Seperti kita ketahui, bila terjadi korsleting pada speaker, kondisi ini akan memengaruhi kinerja power, bahkan menyebabkan malafungsi power amplifier jika tidak dilengkapi short circuit protection.

9. Kerusakan tweeter. Dalam hal ini, nada high lama-kelamaan menjadi clip (sember). Masalah tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca akibat perangkat sering tersorot sinar matahari. Kondisi tersebut dapat membuat diafragma tweeter menjadi getas.

10. Subwoofer mati total karena voice coil terbakar akibat overpower.

11. Distorsi. Hal ini biasanya muncul pada subwoofer ketika berbarengan dengan bunyi bass. Soal satu ini muncul karena suspensi subwoofer sudah lemah atau ada kotoran di antara voice coil dan magnet.

12. Kerusakan pada potensiometer di power menyebabkan suara di speaker berat sebelah.

13. Timbul suara "jedug" saat sistem difungsikan atau dimatikan. Ini terjadi karena ada kerusakan pada komponen power.

14. Karena ada kerusakan pada power, bagian konus pada speaker "melotot" ketika sistem difungsikan. Artinya, yang keluar dari power adalah arus DC (seharusnya AC). Ini lantaran solderan pada papan PCB kendor atau bisa juga disebabkan kotoran yang menempel.

Kabinet Baru Jazz Fit Club

Kabinet Baru Jazz Fit Club

Jakarta - Komunitas pengguna mobil Jazz, Jazz Fit Club atau JFC merayakan ulang tahun ke-6 di Planet Hollywood, Jakarta 28 November 2010. Agar lebih bermakna, acara ulang tahun ke-6 dimanfaatkan pengguna Honda Jazz untuk menggalang dana bantuan bagi para korban musibah di Wasior, Mentawai dan Merapi.

Pengumupulan dana dilakukan dengan menggelar lelang barang otomotif dan juga pengumpulan barang bekas layak pakai seperti dalam rilis yang diterima detikOto, Senin (13/12/2010).

Dalam kesempatan itu, JFC juga mengadakan pemilihan Ketua Umum JFC periode 2010-2011. Dan terpilihlah Anda Irwin.

Turut hadir seluruh member JFC yang tersebar di seluruh Indonesia serta tamu perwakilan klub otomotif lainnya. Tak ketinggalan JFC chapter Surabaya dan Bandung yang sempat vakum beberapa saat.

Febru Ariyanto sebagai Ketua JFC Kabinet Refresh periode 2009-2010 berharap dengan terbentuknya kembali chapter–chapter tersebut dapat membantu agar komunitas ini menjadi perpanjangan tangan dari pusat agar lebih dikenal dan membantu para pengguna Jazz untuk menambahkan kebutuhan informasi dan juga masukan lainnya.

Jazz Fit Club didirikan oleh konsumen pencinta Honda Jazz pada tanggal 8 Agustus 2004. Berkembang dari aktivitas mailing list antara sesama pengguna Honda Jazz dan Fit, saat ini komunitas Jazz Fit Club telah memiliki 2.330 anggota dan 700 anggota tetap yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Cilacap, Pekan Baru, Mataram, Samarinda, dan Balikpapan.

Komunitas itu juga melakukan aktivitas rutin seperti seminar, dan coaching clinic, aktivitas sosial seperti bakti sosial (donor darah, sahur on the road, buka puasa bersama, pengumpulan dana untuk bencana alam). Jambore Nasional dan ulang tahun JFC dan juga Parade Jazz Nasional, IIMS, JAFF, ICE, ABT.

Adapun visi Jazz Fit Club adalah memberikan manfaat dan keuntungan bagi anggotanya disertai dengan misi mempersatukan pengguna Jazz dan Fit di
seluruh Indonesia tanpa memandang ras dan golongan, sebagai wadah untuk bertukar informasi, pengalaman dan tanya jawab tentang seputar tentang Jazz dan Fit memberikan keuntungan material dan non material bagi anggotanya.

Agar sesama member lebih dekat, JFC bisa diakses melalui jejaring sosial seperti Facebook Grup dan twitter di @jazzfitclub.

Rabu, 08 Desember 2010

Honda Luncurkan Hatchback Civic Baru di 2011

Honda Luncurkan Hatchback Civic Baru di 2011

TEMPO Interaktif, Swindon - Honda Motors saat ini dikabarkan tengah melakukan finalisasi persiapan peluncuran generasi terbaru hatchback Honda Civic. Mesin mobil yang mulai dipasarkan pada 2011 mendatang itu, tidak mengalami perubahan dibanding generasi sebelumnya.

Meski demikian, seperti dilansir autoevolution.com, Selasa (7/12), Honda mengaku melengakpinya dengan sejumlah fitur anyar baik di eksterior maupun interior mobil tersebut. Gril depan yang menggunakan desain sarang lebah, balutan lembaran kulit Alcantra di interior, pelek dari bahan alloy versi Civic GT, adalah beberapa diantara fitur baru itu.

Fitur lainnya, sensor parkir, cual climate control, cruise control, lampu sensor hujan, wiper lampu utama, lampu kabut, dan spion elektrik yang dilengkapi lampu sein.

Selain itu, spoiler depan dan sideskirt kini senada dengan warna bodi. Sebelumnya, hal itu hanya terdapat di varian tertinggi yaitu Civic Absolute.

Di bagian interior tambahan terlihat pada koneksi Bluetooth dan IPod serta peranti audio baru. Kabin terkesan lebih lapang dan sejuk berkat penggunaan atap sun panoramic.

Sebelumnya, laman worldclassauto.com menyebut baik tipe SE dan Si tetap bermesin 1.400 cc dan mesin 1.800 cc. Dua tipe pertama menggunakan pelek berukuran 16 inci. Tipe Si bermesin 1.800 cc menggunakan ukuran 17 inci.

Mesin 1.800 cc i-VTEC itu disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 140 daya kuda. Konsumsi bahan bakarnya hanya 6,7 liter per 100 kilometer dan emisi gas buangnya tak lebih dari 155 gram per kilometer.

Honda tak menyebut kecepatan maksimal yang bisa direngkuh mobil tersebut. Namun, kecepatan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam, diklaim hanya dalam tempo 8,9 detik.

Ihwal harga, sumber di Honda menyebut tipe bermesin 1.800 cc lima pintu dibanderol US$ 26.400 atau sekitar Rp 237,6 juta dan versi tiga pintu US$ 28.400 atau sekitar Rp 255,6 juta. Namun harga untuk tipe bermesin 1.400 cc belum diumumkan.

Kamis, 02 Desember 2010

Daftar Harga Mobil Honda per Tanggal 21 Februari 2011

Daftar Harga Mobil Honda per Tanggal 21 Februari 2011

Berikut adalah harga terbaru dari Dealer Honda Mangga Dua Jakarta Pusat.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

CHI HARTONO

021 - 9270 - 6998

0815 - 8431 - 6363


chi.hartono@gmail.com



TYPE KAPASITAS TRANSMISI OTR





All New Jazz S 1500 cc Manual Rp 198.500.000
All New Jazz S 1500 cc Automatic Rp 208.500.000
All New Jazz RS 1500 cc Manual Rp 214.000.000
All New Jazz RS 1500 cc Automatic Rp 224.000.000





FREED S 1500 cc Automatic Rp 239.500.000
FREED E (PSD) 1500 cc Automatic Rp 260.000.000





All New City S 1500 cc Manual Rp 261.000.000
All New City S 1500 cc Automatic Rp 276.000.000
All New City E (Reclaining) 1500 cc Manual Rp 270.000.000
All New City E (Reclaining) 1500 cc Automatic Rp 285.000.000





CIVIC Vti 1.8 1800 cc manual Rp 339.000.000
CIVIC Vti 1.8 1800 cc Automatic Rp 352.000.000
CIVIC 2.0 2000 cc Automatic Rp 404.000.000





All New CRV 2.0 2000 cc Manual Rp 348.000.000
All New CRV 2.0 2000 cc Automatic Rp 359.000.000
All New CRV 2.4 2400 cc Automatic Rp 388.000.000





All New Accord Vti 2400 cc Manual Rp 428.500.000
All New Accord Vti 2400 cc Automatic Rp 443.500.000
All New Accord Vti-L 2400 cc Automatic Rp 481.500.000
All New Accord V6 3500 cc Automatic Rp 708.000.000





Odyssey 2400 cc Automatic Rp 545.500.000

Empat Cara Tepat Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

Empat Cara Tepat Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

TEMPO Interaktif, Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk meningkatkan tenaga mesin bagi mobil yang belum dilengkapi peranti turbocharger atau supercharger. Mereka bisa melakukannya dengan memasang turbocharger atau supercharger, memodifikasi kepala (header) dan ujung (muffler) knalpot, hingga modifikasi saluran udara (air intake) mesin.

Namun, yang paling sering dan dinilai memberikan tambahan tenaga paling besar adalah langkah pertama dan kedua. “Pengalaman selama ini, menunjukkan pemasangan turbo atau supercharger mampu meningkatkan tenaga mobil hingga 50 persen, sedangkan modifikasi di saluran buang atau knalpot 15 persen,” papar Aang Subarna, pimpinan Autozone, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Memang, masing-masing memiliki kerumitan, dan biaya yang mahal . Karena itu perlu kecermatan dan ketepatan memilih. Lantas bagaimana untuk mendapatkan hasil yang ideal? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Berikut Aang berbagi tips untuk anda :

1. Turbocharger
Peranti ini tak ubahnya seperti pompa yang menambah tenaga piston mesin dengan memberi tekanan udara lebih besar ke dalam setiap silinder. Sehingga proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin berlangsung cepat dan sempurna.

Turbocharger memanfaatkan sisa gas buang hasil pembakaran di mesin untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger . Hanya, peranti ini memiliki kekurangan yaitu turbo-lag atau keterlambatan reaksi karena terdapat jeda waktu ketika pedal gas di tekan hingga tercapai tekanan gas buang yang besar untuk memutar turbin.

“Biasanya orang menyebut, turbocharger payah saat di putaran mesin rendah. Memang, pabrikan saat ini menggunakan dua unit turbo kecil dan multi katup, sehingga meski di tekanan udara rendah sudah bereaksi,” papar Aang.

2. Supercharger
Mekanisme kerja suoercharger mirip dengan turbocharger. Hanya, kelebihan supercharger adalah tersedianya tenaga seketika atau instan pada putaran mesin rendah.

Walhasil, kesenjangan atau jeda waktu antara tekanan pedal gas yang mendorong udara ke silinder seperti pada turbocharger tidak akan terjadi. Peranti itu langsung menghasilkan tekanan udara saat mesin dihidupkan.

Lantaran itulah, supercharger mampu mendongkrak tenaga mesin baik di kala putaran mesin rendah maupun tinggi.

3. Lengkapi dengan intercooler
Satu hal yang patut dicatat, kerja turbocharger maupun supercharger akan jauh lebih sempurna manakala udara yang dipasok melalui air intake ke ruang bakar juga mengandung banyak oksigen.

“Logikanya sederhana, hukum alam memastikan bahwa proses pembakaran membutuhkan oksigen. Makin banyak oksigen makin sempurna,” kata Aang.

Pada sisi lain, berkat dorongan turbocharger maupun supercharger kerja piston yang mendorong udara begitu cepat, sehingga udara segar yang disemburkan ke ruang bakar tak jarang minim oksigen. Lantaran itulah, perlu penyegaran udara.

Proses penyegaran itu bisa dilakukan manakala pemasangan turbo atau supercharger juga dilengkapi intercooler. Peranti ini banyak di jual di toko onderdil. Secara teori penggunaan peranti itu mampu memberikan tambahan tenaga ke mesin 10 – 15 persen.

4. Pilih knalpot sesuai dengan mesin
Cara yang paling murah dan mudah untuk meningkatkan tenaga mesin adalah dengan modifikasi di saluran buang. Prinsip kerja dari bagian mobil yang dimodifikasi itu adalah mengelola secara tepat gas sisa pembakaran.

Knalpot yang baik adalah knalpot yang dapat memberikan tekanan balik yang tepat sehingga menghasilkan tenaga yang optimal. Disinilah perlunya memilih knalpot yang baik dengan memperhatikan header (kepala knalpot yang langsung berhubungan dengan lubang blok mesin), resonator, dan muffler belakang,

Namun, pilihan itu harus disesuaikan dengan mesin. Secara umum mobil bermesin empat silinder, menggunakan header konfigurasi 4- 2-1. atau 4-1, dengan pipa berdiameter 2 inci.

Artinya, header tersebut menggunakan empat saluran untuk menyalurkan gas buang pembakaran mesin, kemudian disalurkan ke dua saluran di badan knalpot, dan terakhir satu saluran di mulut knalpot.

Header berkonfigurasi 4-1 artinya header memiliki empat saluran untuk menyalurkan gas dari blok mesin, kemudian disalurkan ke satu saluran gas buang. “Bila mesin kurang atau lebih dari empat silinder sebaiknya konsultasikan dengan modifikator,” terang Aang.

Selain itu pilih jenis knalpot yang tepat. Bila mobil anda untuk balapan, bisa menggunakan knalpot dengan saluran langsung atau free flow. Tetapi bila mobil untuk menunjang kegiatan harian sebaiknya pilih jenis lain.

“Kalau mesinnya standar menggunakan knalpot free flow, tarikan mesin justeru kempos,” tandas Aang.

Rekor Penjualan Mobil Honda pada 2009 Terlampaui

Rekor Penjualan Mobil Honda pada 2009 Terlampaui

JAKARTA, KOMPAS.com — Penjualan mobil Honda pada November 2010 berhasil melampaui total penjualan mereka pada 2009 yang mencapai 39.570 unit. Penjualan November 2010 ini merupakan rekor baru, yaitu 56.178 unit. Jumlah tersebut meningkat 52 persen dan masih bisa bertambah lagi jika ditambah dengan hasil pada bulan Desember ini. Untuk bulan ke-11, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menjual 5.570 unit untuk gabungan semua model, dan Jazz tetap yang tertinggi.

Model hatchback yang merupakan salah satu model andalan HPM itu telah terjual 2.096 unit pada November lalu atau naik 11 persen dibanding penjualan Oktober. Total penjualannya sampai bulan ke-11 ini adalah 20.581 unit.

Jonfis Fandy dalam rilisnya yang diterima Kompas.com, Kamis (2/12/2010), menyebutkan, tingginya penjualan All New Honda Jazz tak lain karena jumlah peminat masih banyak. "Biasanya, pada akhir tahun, pasar cenderung turun. Apalagi adanya efek bencana alam letusan gunung Merapi, hal itu sangat mempengaruhi kontribusi pasar otomotif di Jawa Tengah," ujar Marketing & Aftersales Service Director PT HPM tersebut.

Posisi di bawah Jazz masih tetap dipegang CR-V dengan rekor penjualan November 1.630 unit dan total 11 bulan 15.555 unit. Seperti biasa, Freed menempel ketat dengan 1.438 unit dan sepanjang tahun ini mencapai 12.167 unit.

Sementara itu, MPV premium yang baru diluncurkan pada Mei lalu, All New Odyssey, terjual 24 unit dan selama 6 bulan sudah terlego 431 unit. Di kelompok sedan, Civic terjual 187 unit pada Oktober, dan hanya 176 unit pada November. Adapun penjualan City tercatat 283 unit dan Accord 103 unit atau lebih baik dari bulan sebelumnya.