Konsep teater. Kaca depan yang landai dan kap mesin yang rendah membuat penglihatan pengemudi dan penumpang depan jadi lebih luas. Khusus untuk MPV, Honda menciptakan konsep interior yang disebutnya sebagai "kabin teater". Ini juga dilakukan pada All-New Odyssey. Penumpang paling belakang berada pada posisi tertinggi. Hasilnya, penumpang belakang bisa melihat lebih lega.
Jok pengemudi bisa disetel ke 8 arah dengan hanya menekan dan menggeser tombol . Untuk menambah kenyamanan dan kesan mewah, jok belakang atau ketiga bisa dilipat atau dibuka dengan mengoperasikan tombol yang berada di sisi kiri belakang jok. Honda menyebutnya “powered magical 3rd seat”.
Selanjutnya, untuk kenyamanan penumpang, Honda menggunakan konsep yang disebutnya triple zone AC. Dengan ini, suhu bisa diatur pada tiga daerah berbeda. Perlengkapan interior lain untuk melindungi pengemudi dan penumpang adalah dual-iSRS depan, samping, dan yang berada pada kaca (curtain). Menurut Honda, kantong udara ini mengembang dalam dua tahap.
Peranti canggih. Honda mengklaim, Odyssey adalah MPV pertama di kelas premium yang menggunakan teknologi keselamatan vehicle stabilty assist (VSA) untuk mencegah gejala oversteer dan understeer. Fitur tersebut dipadukan dengan antilock brake system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), brake assist (BA), kontrol traksi (traction control) yang disatukan dengan power steering listrik.
Mesin Euro4. Honda menggunakan mesin berkapasitas 2,4 liter, 4 silinder, pada Odyssey yang dikorek lebih lanjut untuk menghasilkan tenaga lebih besar. Mesin yang digunakan sekarang bertenaga 20 PS lebih besar dibandingkan versi sebelumnya (Gen-3).
Teknologi andalan yang diaplikasikan Honda agar mesin bekerja efisien dan responsif adalah Intelligent-Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (i-VTEC) dan Variable Timing Control (VTC). Juga ada torque boost resonator untuk menambah torsi mesin. Gerakan pedal gas diteruskan ke throttle body (katup gas) melalui sistem drive by wire (DBW).
Honda mengklaim, mesin ini sudah memenuhi standar emisi Euro4 (berarti irit dan lebih ramah terhadap lingkungan). Sebanyak 90 persen komponen yang digunakan bisa didaur ulang.
Matik 5 percepatan. Untuk meneruskan tenaga mesin ke roda, Honda menggunakan transmisi otomotik 5 percepatan. Transmisi dilengkapi dengan pengaktif D3 untuk menambah tenaga. Juga ada grade logic control yang mengatur perpindahan gigi berdasarkan kecepatan dan akselerasi di tikungan. Sementara itu, shitf hold control mengatur perpindahan gigi secara otomatis. Tambahan lain adalah wave key, keyless entry, immobiliser, alarm, dan sensor ultrasonik.
Spesifikasi
Dimensi (mm) | |
Panjang | 4.800 |
Lebar | 1.800 |
Tinggi | 1.545 |
Jarak sumbu roda | 2.830 |
Trek depan/belakang | 1.560 /1.560 |
Ground Clearance | 150 |
Radius putar | 5,4 meter |
Bobot | 1.671 kg |
Mesin | |
Konfigurasi | 4 silinder, segaris |
Kapasitas | 2.354 cc |
Mekanisme katup | 16 katup, DOHC, i-VTEC |
Perbandingan kompresi | 10,5 : 1 |
Tenaga maks. | 180 PS @6.500 rpm |
Torsi maks. | 22,2 kgm @4.500rpm |
Sistem pengapian | PGM-FI |
Kapasias tangki BBM | 60 liter |
Oktan BBM | RON 91 |
Transmisi | Otomatis, 5 percepatan |
Sumber : Kompas
0 komentar
Posting Komentar