Kamis, 03 November 2011

Cara Menggunakan Mobil Matic

Transmisi Automatic atau Matic pada Mobil dibuat untuk memberikan kenyamanan yang lebih, bagi pengendara atau si pengemudi. Tujuannya agar mengurangi seringnya menekan pedal kopling secara terus menerus ("pegel banget, apalagi pas macet atau jalan tanjakan"). Dengan adanya fitur transmisi matic pada mobil tersebut dapat memberikan kosentrasi yang lebih bagi pengemudi, juga dapat menikmati berkendara selama di perjalanan.
Untuk pertama kali sih rasanya masih canggung dan berasa ada yang kurang, tapi kalo dibiasakan terus menerus pasti dijamin ogah pindah ke manual lagi,,.... Kata Customer saya yang beralih matic..
Sedikit penjelasan saya, mengenai instruksi cara menggunakan mobil matic :
  1. Duduk didalam mobil dan atur posisi ketinggian kursi serta maju mundurnya tempat duduk mobil Anda. Kaki Anda harus menyentuh pedal Gas dengan nyaman. Posisikan setir kemudi dapat dijangkau oleh tangan Anda, Jangan sampai terlalu jauih.
  2. Sebelum Anda ingin menjalankan mobilnya, lihatlah dulu posisi pedal Gas dan Rem. Kalau MANUAL pedalnya terdiri dari 3 yaitu kanan gas, tengah rem, dan kiri kopling. Kalau MATIC cuma 2 saja yaitu kanan gas dan tengah rem biasanya yang paling kiri foot rest (kalau di Mobil Honda).
  3. Sekarang mari kita lihat fungsi-fungsi dari transmisi Automatic, biasanya sih kalau Matic model giginya P R N D 2 1 kalau Mobil Honda ada tambahan giginya D3 nya.
Penjelasannya yaitu :
  • P = kepanjangan dari " PARK " gunanya mencegah mobil bergerak maju pada saat mobil kita stater. P juga dipergunakan jika kita dalam kondisi parkir.
  • R = kepanjangan dari " REVERSE " digunakan untuk mundur.
  • N = kepanjangan dari " NETRAL" digunakan jika kita memungkinkan memindahkan mobil tanpa kondisi mesin mobil menyala. (Maksudnya agar bisa didorong gitu hehehe...he)
  • D = kepanjangan dari " DRIVE " digunakan jika mulai berjalan atau menjalankan mobil Kita baik dengan kecepatan rendah, konstan maupun tidak atau dengan kecepatan tinggi, melewati kondisi jalan lurus atau berkelok cukup simple hanya diatasi dengan gigi D saja semua tuntas.
  • D3 = kepanjangan dari " DRIVE 3 " digunakan jika kita ingin menambah kecepatan laju mobil kita, (cuma orang yang doyan kebut-kebutan aja yang pake ini).
  • 2 = digunakan untuk melewati jalan yang sedikit menanjak seperti pegunungan, bukit, dll. Bisa juga digunakan untuk fungsi Engine Brake pada saat kondisi jalanan menurun agar lebih safety.
  • 1 = digunakan untuk melewati jalan berlumpur atau Off Road atau bisa juga melewati kondisi jalan tanjakan yang sangat curam, atau sebaliknya juga dapat digunakan sebagai Engine Brake sesuai kebutuhan.
4. Awal mulai menyalakan Mobil Matic yaitu pastikan posisi gigi Mobil Anda pada " P " karena apa?? Kalau Kita tidak memposisikan gigi P maka mobil tidak akan mau hidup atau menyala, disamping itu agar lebih safety.
Bisa juga sih kita menyalakan mesin mobil dengan gigi N tapi dengan menginjak Pedal Rem itu juga bisa.

5. Setelah mobil sudah menyala, injak pedal rem pilih D (maju) atau R (mundur) dan lepas pedal rem perlahan-lahan maka mobil akan bergerak secara otomatis. Jika ini awal Anda menggunakan Mobil Matic pasti akan mudah untuk menyesuaikannya. Sebenarnya sih kontrol laju mobilnya cukup kendalikan dengan Rem aja. Kalo dirasa Anda sudah percaya diri tambahkan kecepatan dengan menginjak pedal gas.
Sekarang Anda tidak canggung lagi menggunakan Mobil Matic. Ok....
Kalo masih ada yang penasaran Saya bantu test drive bersama Saya.
Salam

0 komentar

Poskan Komentar