Minggu, 31 Oktober 2010

Honda: Green Car, Yes! Brio Belum Pasti

Honda: Green Car, Yes! Brio Belum Pasti

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelan tapi pasti, PT Honda Prospect Motor (HPM) terus menanti kemunculan program mobil murah dan ramah lingkungan pada akhir tahun ini. Diam-diam, produsen mobil Honda ini mengincar insentif untuk green car.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM mengatakan, sampai kini Honda masih menunggu kepastian peraturan dari pemerintah. Honda berharap bisa turut serta dalam program tersebut namun menawarkan konsep mobil ramah lingkungan alias green car.

"Konsepnya ada dua, low cost dan green car. Kita maunya masuk ke green car. Kalau mobil dengan harga Rp 80 juta, tak mungkin bisa mendapatkan standar keamanan yang cukup. Jadi bukan itu itu target kita," ujar Jonfis di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, kemarin.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia berencana menelurkan peraturan program mobil murah dan ramah lingkungan pada akhir tahun ini. Dalam paket kebijakan itu, pemerintah menawarkan insentif bagi produsen mobil yang ingin berinvestasi sekaligus menunjuk Indonesia sebagai basis produksi.

Tentang Brio - mobil murah Honda - Jonfis mengaku saat ini masih memperlajarinya.Hasilnya akan dijadikan acuan, mungkin produk itu dipasarkan di Indonesia.

"Kalau di Thailand, Honda dipastikan ikut program Eco Car. Di Indonesia, masih terlalu dini," tegas Jonfis.