Sabtu, 09 Oktober 2010

Satu Dasawarsa Kiprah Honda CR-V

Satu Dasawarsa Kiprah Honda CR-V

BANDUNG (DP) — Honda CR-V mempunyai perjalanan yang cukup panjang di Indonesia. Tahun ini, tepatnya, 10 Oktober 2010, Honda CR-V merayakan satu dekade kiprahnya di Tanah Air.

Honda CR-V merupakan pioneer di kelas medium SUV di Indonesia dan menorehkan ‘tinta emas’ bagi Honda. Sejak generasi pertama SUV 5-seater ini langsung mendapat sambutan yang luar biasa dari para pecinta Honda, khususnya SUV, karena selalu mendominasi pasar, klaim Honda.

Dalam tiga generasi, Honda CR-V berhasil membukukkan penjualan lebih dari seratus ribu unit hingga kini di Indonesia. CR-V memiliki beberapa kompetitor; Nissan X-Trail, Ford Escape, Suzuki Grand Vitara.

Di dunia sendiri, Honda CR-V diluncurkan pertama kali pada 1995 dan populasinya telah mencapai lebih dari 2,5 juta unit (hingga 2007). Honda CR-V dijual di lebih dari 160 negara di dunia.

Tidak hanya itu, Honda CR-V juga meraup segudang penghargaan dari media dan lembaga di dunia. Beberapa di antaranya adalah Top Safety Pick Award 2007 dari IIHS (Insurance Intitute for Highway Safety) Amerika Serikat, 5-bintang dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) AS, ‘Best New Small SUV’ dari Autobytel’s Editors Choice Awards.

Dan, CR-V yang kini dijual di Indonesia merupakan hasil penyegaran generasi ketiga. CR-V generasi ketiga diperkenalkan ke Indonesia tiga tahun lalu dan facelift-nya muncul pada medio Februari 2010.

CR-V ditawarkan dalam dua pilihan mesin bensin berteknologi i-VTEC; 2,0 liter (150 hp) dan 2,4 liter (170 hp). Mobil dengan teknologi drive-by-wire ini dibekali transmisi 6-speed manual (2,0 liter) dan otomatis (2,4 liter). Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah mesin kedua model tersebut sudah sesuai standar Euro 4, melebihi standar Euro 2 yang berlaku di Indonesia.

Beberapa teknologi keselamatan digendong CR-V. Sebut saja rem ABS, EBD dan BA, VSA (Vehicle Stability Assist) dengan kontrol traksi, sepasang airbag di depan, konstruksi body G-CON dan moncong yang ramah terhadap pejalan kaki.

Selamat ulang tahun Honda CR-V.

0 komentar

Posting Komentar