Kamis, 21 Oktober 2010

The Pow Air of Dreams, Konsep Terbaru Honda

The Pow Air of Dreams, Konsep Terbaru Honda

LOS ANGELES, KOMPAS.com – Los Angeles Auto Show 2010 berlangsung 19–28 November mendatang, dimanfaatkan oleh berbagai produsen sebagai ajang pamer mobil konsep. Hal tersebut bisa dimaklum, karena hampir seluruh produsen besar di dunia, sekarang ini punya studio desain di kota tersebut atau di sekitarnya atau tepat di Kalifornia Selatan. Termasuk tentunya Pasadena yang punya sekolah desain yang banyak melahirkan desainer top dunia.

Karena itulah, untuk mengairahkan kreativitas para desainer studio produsen mobil di sekitar LA, panitia pameran mengadakan “Design Challenge” saat pameran berlangsung. Kendati pameran sebelun lagi, namun konsep desain yang akan dilombakan peserta sudah dipublikasikan.

Tahun ini, menurut panitia, perusahaan mobil yang sudah menyatakan ikut lomba tersebut adalah General Motors, Honda, Mazda, Maybach, Mercedes-Benz, Nissan, Smart, Toyota dan Volvo. Ajang lomba makin kental bau internasionalnya karena untuk pertama kali studio produsen mobil dari Jerman dan Jepang mengikuti kontes ini.

Kali ini, panitia menentukan kriteria kontes, bobot mobil maksimum 1000 pond (lb) atau sama dengan 453 kg. Syarat lain, bisa dimuati empat penumpang, aman, enak dikendaraan dan terakhir tidak boleh mengorban “style” atau mobil yang menjadi tuntutan konsumen masa kini.

The Pow [Air] of Dreams
Honda, yang aktif memamerkna mobil konsep di LA dalam beberapa tahun terakhir, tidak mau ketinggalan. Jauh-jauh hari, Honda Advance Deisgn Studio di Pasadena, sudah mempublikasikan desain yang akan diikutkan pada lomba tersebut. Nama mobil konsep yang disertakan adalah Honda Air. Sesuai dengan filosofi Honda, The Power of Dream, konsep desain ini jdisebut The Pow [Air] of Dreams.

Konsep yang diketengahkan, visi masa depan desainer Honda tentang mobil yang ringan, berpostur sport dan menggunakan bahan akar alternatif. Honda menyebutnya “coastal cruiser “, ya, ... mobil untuk wara-wiri di pantai dengan mengutamakan lifestyle yang agresif. Katanya, desain Air diilhami oleh roller coaster moderen dan pakaian para penerjun payung.

Honda Air mengunakan tenaga udara yang dikompresi dan sistem regulator pneumatik. Dilengkapi dengan vakum turbo dan udara luar yang mengalir ke tangki untuk menghasilkan tekanan. Dengan demikian, jarak tempuh mobil ini bisa mencapai 160 km.

Menggunakan sasis ganda yang juga berfungsi sebagai tangki udara (utama), sekaligus duduk tempat jok dipasang. Cara ini dilakukan untuk mencegah penambahan struktur berulang yang menyebabkan bobot bertambah.

Hebatnya lagi, panel dibuat dari polimer dengan bahan daasr dari sayuran. Termasuk fairing untuk melindungi penumpang dan menjaga kekokohan bodi. Mobil ini juga harus bisa mengamankan pengemudi dan penumpang dari tabrakan.

Untuk mengurangi bobot dan meningkatkan perfoma dinamis, mobil tidak menggunakan as roda (hub-less). Untuk itu pula, panel jok diubat dari gelas diperkuat, ban urethane dan komponen sub-rangka seperti rangka manusia. Alhasil, berat mobil ini cuma 360 kg.

0 komentar

Posting Komentar