Kamis, 14 Oktober 2010

Yuk, Kenali 'Bahasa' Ban

Yuk, Kenali 'Bahasa' Ban

Jakarta - Ban ternyata memiliki 'bahasa' sendiri untuk berkomunikasi dengan penggunanya. Dengan mengetahui 'bahasa' ban tersebut, kita jadi tau dan paham bagaimana cara merawat ban dengan baik.

Caranya mudah kok. Untuk mengetahui 'bahasa' ban, bisa kita lihat pada simbol-simbol yang terdapat pada dinding ban, biasanya berupa kode huruf dan angka-angka

Misalnya pada dinding ban tertulis 235/45 ZR 17 94 Y. Angka-angka dan huruf tersebut merupakan data dan spesifikasi ban yang digunakan sebagai standar universal yang sudah disepakati seluruh produsen ban di dunia.

Untuk mengetahui artinya, berikut kita coba menerjemahkan 'bahasa' ban tersebut yang terdapat pada ban GT Radial, agar lebih tau cara merawat ban kendaraan kita.

Angka 235 memiliki arti lebar ban dalam ukuran mili meter (mm). Sedangkan angka 45 setelah garis miring, memiliki arti aspek ratio ketinggian sisi dinding ban terhadap lebar ban.

Sedangkan kode huruf ZR memandakan spesifikasi kalau ban tersebut adalah ban Ultra High Performance yang bisa dipacu dalam kecepatan tinggi (Biasanya terdapat angka kecepatan maksimal)

Kode huruf R menandakan konstruksi internal ban (radial/bias), sementara angka 17 adalah diameter ban terhadap pelk dalam ukuran inci.

Angka 94 memiliki arti index ban atau daya beban sebuah ban atau load index. Angka 94 mampu melayani beban sampai 670 kg, sementara huruf Y merupakan penanda simbol kecepatan atau speed index 300 km/jam.

Nah, mudah bukan? jadi ketika anda membeli dan menggunakan sebuah ban, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah untuk mengangkut beban atau untuk kecepatan tinggi atau hanya sekedar dipakai sehari-hari, semuanya bisa dibaca dari kode spesifikasi tersebut.

0 komentar

Posting Komentar